Senin, 25 Desember 2017

Chicken mushroom pie




Wahhh.. Libur panjang nih. Tapi sayang. Nggak diajak kemana2sama paksu. Huhuhu.
Nah karna libur dan nggak kemana2 ujungnya bawaannya laperan. Dan kalo laperan maunya jajan. Dan karna jajanan jaman now mahal2, yaudah mending kita bikin aja. Etapi, kali inibaku mau bikin makanan yg nggak keinian sih. Tapi enak. Yuk dicoba.
.
Chicken mushroom pie
.
Bahan Kulit Pie :
250gr terigu protein rendah
1/2 sdt garam
125 gr mentega
5 sdm air es

Bahan Isi :
1/2 buah bombay, cincang kasar
3 siung bawang putih, cincang kasar
250gr ayam cincang/giling
1/2kaleng jamur kemasan
1 buah wortel potong dadu
100gr jagung manis pipil
3 buah sosis ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
200 ml susu cair
1 sdm tepung terigu
50 gram keju apel
3 sdm mentega, untuk menumis
1kuning telur, untuk olesan





Cara membuat :
Campurkan mentega, terigu dan garam, aduk hingga berbutir-butir menggunakan garpu. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk kembali hingga adonan rata dan kalis.Bagi 2 adonan, bulatkan adonan, tutup dengan plastik dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit.

Sambil menunggu buat bahan isiannya.
Panaskan mentega, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.Masukan ayam dan sosis sampai berubah warna, tambahkan wortel,jamur dan jagung manis masak hingga matang.Tambahkan garam, merica dan gula pasir, aduk. Masukan susu cair dan tepung terigu aduk sampai mengental dan rata.Masukan irisan daun seledri dan keju parut, masak sampai semua bahan kental lalu angkat.

Penyelesaian :
Oles loyang pie dengan margarin saya pakai loyang bongkar pasang untuk pie ukuran 18cm, cetak adonan pie di dalamnya lalu isi dengan adonan ayam dan tutup dengan adonan kulit.Beri lubang di bagian atasnya (kalo saya dicetak bentuk love dengan cookies cutter), oles permukaannya dengan kuning telur.Oven 180'C selama kurang lebih 45 menit (tergantung panas oven masing-masing) hingga warna keemasan dan matang.  Angkat dan sajikan.
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar