Minggu, 22 Oktober 2017

Selat Solo



Selat Solo??
pasti dari solo donk ya..
inget solo, inget selat solo.
ini adalah makanan favorite aku tiap pulang ke solo.
oh ada satu lagi "Kare" tapi aku belum sempet buat, next aku coba buat ya.
balik lagi, soal si selat solo yang ngangenin ini.
jarang banget di Jakarta ada yang jual ini. aku sih blm pernah ketemu ya resto atau rumah makan yang jual selat solo di jakarta. kalian pernah? klo ada kasi tau aku lah kali aja aku lagi males masak kan bisa langsung order by gojek dan langsung makan hehe.
padahal klo dipikir2, ini gampang banget lho buatnya..
hmm.. mirip2 kaya buat semur daging lah ya..
cuma ini encer karna khasnya selat solo adalah steak "berkuah"
Jadi ceritanya, diminggu pagi yang mager itu aku lagi pengen banget makan selat solo,
apa daya tak ada yang jual, jadilah aku browsing resepnya.
dan ternyata gamoang, aselik.. gampang banget.
langsung cuss ke pasar beli ini itu. trus buat,
dan alhamdulillaaah.. kangen ku akan kampung halaman terbayar. lunas!!!
enaaaaak..
jadi buat kalian yang juga suka banget makan ini dan belum nemu penjualnya di daerah kalian,
udahlah, cuss ke pasar dan bikin dirumah.
okey?
selamat makaaaan....!!
eh selamat masak dulu deh.. :p

Selat Solo

Bahan :
300 gram daging bagian has dalam
1 1/2 sendok teh garam
1 sendok teh merica bubuk, 1/4 sendok teh kaldu sapi
1 sendok makan margarin
kecap manis (secukupnya)
2 butir telur ayam rebus
air (secukupnya)
1/4 buah biji pala, (aku skip karna gak ada)
.
Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
.
Pelengkap :
Daun selada
Wortel dan buncis rebus
Kentang goreng
Tomat
Kentang di haluskan

Cara membuat :
Iris daging melawan serat setebal 1 cm melebar
Lumuri dengan garam dan merica, diamkan 15 - 20 menit hingga meresap
Panaskan margarin, tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan daging dan kecap, masak hingga daging berubah warna
Masukkan telur dan air 
Tambahkan pala dan bumbu lain
Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan kuah menyusut
Angkat daging, pisahkan dengan kuahnya. Saring kuahnya jika mau lebih bening.
Tata daging, bahan pelengkap di piring, tuangi kuah semur  daging
trus sajikan.
trus difoto jangan lupa.
baca doa
trus makan deh!!

XOXOXO
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar